by

Menunggu Parpol Umumkan Pasangan Kandidat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa

Menunggu Parpol Umumkan Pasangan Kandidat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa

Laporan : Jamil Gade

ACEHSATU.COM,LANGSA -Hingga pekan kedua sejak Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Provinsi Aceh Tahun 2022 dikeluarkan.

Di Kota Langsa belum ada satupun partai politik menyatakan secara terbuka atau resmi nama pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan diusung.

Seperti diketahui masa kepemimpinan pasangan Wali Kota Langsa Usman Abdullah dan Wakil Wali Kota Marzuki Hamid, yang saat ini memimpin Pemerintahan Kota Langsa, berakhir pada tahun 2022 mendatang.

Pergerakan politik menuju kursi Langsa Satu sementara ini sebatas dilakukan oleh beberapa individu bakal calon dan masih pada tataran melakukan sosialisasi serta silaturrahmi ditengah masyarakat.

Jika merujuk pada Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh nomor : 1/PP.01.2-Kpt/11/Prov/Kpt/1/2021 tanggal 19 Januari 2021 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Provinsi Aceh Tahun 2022, maka tahapan pemilihan Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa berlangsung pada tanggal 17 Februari 2022.

Pun demikian eforia pesta demokrasi pemilihan kepemimpinan Kota Langsa untuk masa periode 5 (Lima) tahun mendatang mulai menghangat dan menjadi perbincangan ditengah masyarakat Pemerintahan Kota pemilik 5 Kecamatan, 66 Gampong itu.

Sementara itu Yoesdinoer salahsatu pemerhati politik yang juga wartawan senior Kota Langsa memperkirakan, kemungkinan besar pasangan calon Wali Kota atau Wakil Wali Kota Langsa oleh partai pengusung akan diumumkan secara resmi pada awal akhir bulan Juni mendatang.

“Atau setelah Hari Raya Idhul Adha lah” ujarnya pada LANGSASATU.COM,Jum’at (29/1/2021)

Menurut Bang Buyung sapaan akrab Yoesdinor, Parpol belum mengumumkan nama kandidat yang diusungnya dikarenakan ada sejumlah tahapan yang mesti dilalui oleh masing kandidat terutama dari internal partai seperti proses konsolidasi, lobi politik koalisi atau tahapan survey elektabilitas.

“Masing partai, pasti memiliki sistem atau mekanisme tersendiri ketika merekrut pasangan calon kandidat yang akan diusung untuk maju pemilihan” ujarnya

Pun demikian sambung Yoesdinor, siapapun kandidat ataupun pasangan calon yang diusung nantinya oleh masing Parpol, merupakan pilihan terbaik.

Ia juga mengajak warga masyarakat Kota Langsa untuk berpartisipasi dan bersama menyukseskan Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa tahun 2022 mendatang, tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi untuk Kota Langsa yang lebih baik kedepan, pungkasnya (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita