by

Muhammad Rizal : Mewujudkan Kemandirian Gampong

-Langsa-41 views

Muhammad Rizal : Mewujudkan Kemandirian Gampong

LANGSASATU.COM, LANGSA – Muhammad Rizal, Calon geuchik (Cage) Nomor urut 5 Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, ingin mewujudkan kemandirian gampong dan keberdayaan masyarakat yang partisipatif untuk sebuah perubahan terhadap Gampong Matang Seulimeng dan selaras itu juga kemajuan gampong, menjadi skala prioritas.

Hal tersebut dikatakan Muhammad Rizal atau akrab disapa Bob, dalam penyampaian visi dan misi calon geuchik (Cage) bertempat di Halaman Kantor Geuchik Matang Seulimeng, Senin (16/5/22).

Memaparkan visi dan misinya dihadapan masyarakat, sosok visioner ini mempunyai visi menuju Gampong Matang Seulimeng sejahtera, bebas, independen, lepas, mandiri serta mewujudkan kemandirian gampong dan keberdayaan masyarakat yang partisipatif.

Bob merupakan seorang putra yang besar dan lahir di Gampong Matang Seulimeng serta memiliki kelurga besar.

Bob juga dikenal sosok pribadi ramah dan bersahabat tersebut, juga akan menerapkan beberapa program kerja yang terarah.

Hal itu terimplementasi pada misi, yaitu membangun masyarakat Gampong Matang Seulimeng yang religius, toleran untuk menjaga kesatuan dan persatuan di gampong.

Selain itu, meningkatkan kualitas pelayanan administrasi birokrasi pemerintahan Gampong hingga ke dusun-dusun.

Memperkuat kapasitas ekonomi rakyat dan menjadikan masyarakat Gampong Matang Seulimeng lebih sehat, lebih pintar, lebih berbudaya, dan mencintai lingkungan.

Selain itu, Bob yang yang dikenal dekat dengan berbagai kalangan sosial masyarakat Kota Langsa ini, turut memaparkan 10 program unggulan dan memiliki orientasi kedepan terhadap perubahan diantaranya, melanjutkan kegiatan keagamaan yang telah berjalan dan salah satunya fardu khifayah.

Peningkatan peran rumah ibadah, fasilitasi pendakwah dan guru pengajian, penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, akuntabel, pelayanan kepada masyarakat yang prima yaitu, cepat, tepat dan amanah.

Hakikat atau makna dari pemerintahan adalah “kebersamaan” terutama dalam pengambilan keputusan dan kebijakan.

Oleh karena itu dirinya (Bob) juga akan menerapkan prinsip koordinasi dengan berbagai stakeholder terutama elemen sosial masyarakat Gampong Matang Seulimeng.

Langkah koordinasi juga dibangun dengan Pemerintah Kota (Pemko), Provinsi maupun Pemerintahan Pusat dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur di gampong.

Selanjutnya, kemudahan akses dan penguatan BUMDes, pelatihan startup untuk wirausahawan muda, peningkatan ekonomi kaum ibu-ibu rumah tangga.

Kemudian, mewujudkan reformasi birokrasi di gampong yang berbasis teknologi informasi dan sistem layanan terintegrasi, satgas kemiskinan, bantuan desa, rumah sederhana layak huni.

Pengembangan budaya dan seni serta infrastruktur olahraga serta pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan mengedepankan partisipasi serta gotong royong masyarakat.

“Insya Allah, bila masyarakat mempercayakan saya sebagai geuchik untuk periode 2022 – 2028 kedepan, akan membawa perubahan dengan menggandeng semua pihak demi mewujudkan Gampong Matang Seulimeng yang mandiri, karenanya jangan lupa Coblos nomor urut 5,” papar Bob yang disambut gemuruhnya tepuk tangan masyarakat.

Sosok Bob, diketahui juga memiliki segudang pengalaman bidang leadership.

Hal itu dibuktikan dengan pernah menduduki sejumlah posisi strategis diberbagai organisasi, seperti menjadi Ketua PPS selama dua periode di Gampong Matang Seulimeng.

Ketua PPK Kecamatan Langsa Barat. Ketua Panwascam Langsa Barat dua periode.

Pendamping Lokal Desa (PLD),
Wakil Ketua KNPI, Wakil Ketua Granat Kota Langsa, Pengurus BKM Gampong Matang Seulimeng dan BKPG Kota Langsa. Demikian Muhammad Rizal atau akrab disapa Bob.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita