by

Mulai 1 Agustus Pendaftaran Partai Lokal Peserta Pemilu Legislatif 2024

Mulai 1 Agustus Pendaftaran Partai Lokal Peserta Pemilu Legislatif 2024

LANGSASATU.COM, BANDA ACEH- Mulai tanggal 1 Agustus 2022 dimulai tahapan pendaftaran Partai Politik Lokal (Parlok) calon peserta pemilu legislatif 2024.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh, Samsul Bahri menyampaikan hal itu di Banda Aceh, Selasa, (14/6/22).

“Pendaftaran partai politik lokal calon peserta pemilu legislatif 2024 dimulai 1 hingga 7 Agustus 2022. Pendaftaran di KIP Provinsi Aceh. Sedangkan untuk partai politik nasional di KPU RI,” kata Samsul Bahri.

Seluruh partai politik lokal (Parlok ) calon peserta pemilu legislatif 2024 wajib mendaftar, tidak terkecuali partai lokal memiliki kursi di parlemen.

Pendaftaran untuk Partai lokal (Parlok) di KIP Provinsi Aceh. Sementara untuk Partai politik nasional (Parnas) di KPU RI

Syarat pendaftaran, kata Samsul Bahri, partai politik memiliki badan hukum dan terdaftar Kementerian Hukum dam HAM. Serta persyaratan lainnya yang diatur dalam peraturan perundangan-undangan.

Dikatakan, KIP Provinsi Aceh juga akan memverifikasi semua partai politik lokal yang mendaftar.

Verifikasi dilakukan untuk memastikan persyaratan sebagai calon peserta pemilu legislatif terpenuhi.

Setelah lolos verifikasi, maka partai politik lokal yang memenuhi syarat dinyatakan sebagai peserta pemilu legislatif. Selanjutnya, pada 15 Agustus penetapan nomor urut peserta Pemilu 2024, papar Samsul Bahri.

Keikutsertaan partai politik lokal menjadi peserta pemilu legislatif di Provinsi Aceh diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh. Partai politik lokal mulai ikut pesta demokrasi di Aceh sejak Pemilu 2009.

Keikutsertaan partai politik lokal hanya untuk DPR kabupaten kota dan DPR provinsi. Pada Pemilu 2019, ada tiga partai politik lokal menjadi peserta, yakni Partai Aceh, Partai SIRA, Partai Daerah Aceh (PDA), dan Partai Nanggroe Aceh (PNA).(ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita