by

Calon Jamaah Haji Aceh 1.988 orang, Enam Kloter

-Nanggroe-18 views

Calon Jamaah Haji Aceh 1.988 orang, Enam Kloter

LANGSASATU.COM, BANDA ACEH- Musim haji 2022, calon jamaah haji Aceh yang akan berangkat sebanyak 1.988 orang, terbagi dalam 6 kloter.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Iqbal, pada wartawan, Jumat,(10/6/22) disela kegiatan pemantauan mematangkan persiapan di asrama haji Embarkasi Aceh jelang keberangkatan kelompok pertama (kloter) calon jamaah haji Aceh ke Tanah Suci tahun ini.

Para calon jamaah haji Aceh sudah siap untuk diberangkatkan, dan asrama haji juga terus melakukan berbagai persiapan guna menyambut keberangkatan kloter pertama tanggal 15 Juni mendatang.

Selain itu kata Iqbal, untuk higenisasi, sebanyak 99 unit kamar di asrama haji sudah dilakukan fogging sebanyak dua kali. Serta tanggal 12 Juni atau sebelum masuk para calon haji juga akan dilakukan fogging kembali.

Terkait penanganan sampah sambung Iqbal, selama ada jamaah di asrama haji, petugas dari dinas kebersihan akan mengangkut dua kali sehari sampah yang ada lokasi.

Selain itu di asrama, pihaknya juga telah melengkapi dengan sejumlah fasilitas diantaranya pemasangan dua unit x-ray, untuk memeriksa barang bawaan jamaah.

Kemudian menyediakan posko kesehatan sekaligus petugas dari Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Iqbal juga meminta calon jamaah yang akan berangkat, sementara untuk mengurangi interaksi
dengan banyak orang, hal itu guna mengantisipasi atau menghindari terinfeksi COVID-19.

Apalagi, calon jamaah juga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan sampel usap (swab) metode PCR dengan hasil negatif, 72 jam sebelum keberangkatan.

Dari enam kloter kata Iqbal sebanyak lima kloter di antaranya akan berangkat secara penuh dari Aceh dan satu kloter bergabung dengan jamaah asal Sumatera Utara, Medan.

Kloter pertama hingga kelima akan terbang dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi.

Kemenag Aceh bersyukur Pemerintah Arab Saudi mengizinkan masyarakat untuk menunaikan haji setelah dua tahun pembatalan pemberangkatan akibat pandemi COVID-19. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.