by

Olahraga Jogging Diminati Remaja di Kota Langsa

Olahraga Jogging Diminati Remaja di Kota Langsa

LANGSASATU COM, LANGSA- “Remaja Rutin Olahraga Lari itu Sehat dan Keren”

Olahraga jogging (lari laun) semakin diminati kawula remaja di Kota Langsa.

Hal itu terlihat Senin (23/5/22) sore di seputaran lapangan kiban Kompi B Gampong Jawa, Pemko Langsa, masyarakat setempat lebih mengenal dengan sebutan Lapangan Belakang, sejumlah remaja melakukan aktivitas olahraga Jogging.

Tidak saja dari kalangan remaja. Olahraga yang diyakini mampu menghancurkan lemak dalam tubuh dengan cepat tersebut, juga dilakukan warga dari berbagai golongan usia.

Pantauan LANGSASATU.COM di lokasi, aktivitas positif itu oleh para remaja dilakukan, secara berkelompok maupun personal.

Dikutip dari laman guesehat.com, Olahraga paling murah, mudah dan sangat efektif menurunkan berat badan adalah lari.

Melalui olahraga lari, banyak manfaat yang didapatkan, terutama jika dilakukan secara rutin. Aktivitas fisik atau olahraga apapun tidak akan memberikan manfaat, jika dilakukan sesekali saja.

Dua manfaat penting olahraga lari, pertama membakar kelebihan kalori, sehingga efektif menurunkan berat badan.

Kedua, menguatkan jantung karena setiap lari pada dasarnya adalah latihan kekuatan jantung.

Berikut beberapa tips olahraga lari dari pendiri komunitas lari IndoRunners, Yasha Chatab di Combi Run Academy yang diselenggarakan di Tapos, Bogor, beberapa waktu lalu. seperti dilansir guesehat.com

1.Jika Ingin Lari, Tetapkan Dulu Tujuannya

Menurut Yasha Chatab, sebelum memulai lari, tetapkan dulu tujuan. Misalnya, motivasi seperti, ingin menurunkan berat badan.
Motivasi penting, agar kebiasaan ini tetap dilakukan sampai tujuan tercapai. Selain menurunkan berat badan, lari juga menyehatkan, asal dilakukan dengan benar.

2. Pendekatannya Harus Menarik

Olahraga lari, tidak cukup hanya dengan mengajarkan teknik lari, pendekatannya harus menarik.

Maka, dalam Combi Run Academmy diajarkan juga pelatihan sosial media, supaya mereka bisa membagikan pengalamannya berlatih dengan mengunggah ke media sosial dan memotivasi teman-temannya.

“Mereka tentu ingin terlihat keren setelah berlatih keras. Kalau buat remaja faktor kekerenan penting. Running is cool. Harapannya setelah itu akan jadi gaya hidup”

3. Pelajari teknik dan aturan

Lari memang olahraga yang murah dan tidak membutuhkan lapangan dan perlengkapan khusus. Hanya sepatu lari dan baju yang menyerap keringat.

Meskipun begitu, pelari pemula hendaknya mengikuti teknik lari, minimal teknik dasar lari, yaitu lari di tempat aman, pemanasan, teknik berlari dan pendinginan.

4. Tahu batas kemampuan fisik

Remaja dengan kondisi khusus seperti kelebihan berat badan, atau tidak pernah olahraga sebelumnya, sebaiknya tidak langsung lari jarak jauh dengan kecepatan tinggi.

“Selalu lihat kemampuan fisik. Kalau di sekolah sudah terbiasa mengikuti ekskul bidang olahraga, mungkin memulai lari akan lebih mudah. Namun, bagi yang tidak pernah berolahraga, sebaiknya melakukan latihan secara bertahap,” terangnya

5. Perhatikan intensitas latihan lari

Latihan lari pada remaja tentu tidak bisa disamakan dengan orang biasa yang sudah terbiasa ikut lomba lari. Karena tengah berada di masa pertumbuhan, maka latihan paling banyak 5 kali seminggu. Atau sehari latihan, sehari tidak.

Intensitas dan kecepatan, juga diperhatikan. Bagi remaja yang baru mencoba lari alias pemula, lari ringan saja yang sambil masih bisa ngobrol.

Kalau sudah kecapaian, kecepatan diperlambat, atau jalan dulu. Kalo kondisi sudah lebih bagus, bisa ditingkatkan kecepatannya.

6. Jika ada yang tidak nyaman, jangan putus asa

Di awal lari, wajar jika badan pegal dan rasanya sakit semua. Namun ketidaknyamanan seharinya tidak berlanjut dan tidak menjadi hambatan.

“Misalnya kaki sakit setelah lari, jangan-jangan salah memilih sepatu. Otot pegal justru menjadi tanda mereka bekerja.

Nyeri dan pegal di otot umumnya akan hilang dalam 48 jam, jika berlanjut barulah cek ke dokter atau terapis olahraga,” jelas Yasha seraya menambahkan Jangan takut, bahkan pelari profesional pun akan merasakan pegal karena menunjukkan otot tengah bekerja.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita