by

Pasien Covid 19, Isolasi Mandiri di Hotel Berbintang

-Nasional-167 views

Pasien Covid 19, Isolasi Mandiri di Hotel Berbintang

LANGSASATU.COM – Pemerintah akan menggunakan hotel berbintang Dua dan Tiga sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Doni Monardo, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pusat.

Seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah dan langkah itu ditempuh untuk menampung pasien Covid-19 yang tidak miliki tempat isolasi mandiri.

“Pemerintah, dalam hal ini Bapak Menko Perekonomian bersama dengan dengan Ibu Menteri Keuangan atas arahan Bapak Presiden untuk siapkan hotel bintang dua dan bintang tiga untuk isolasi mandiri pasien yang sudah terkonfirmasi positif tapi tanpa gejala. Itu akan dijamin oleh pemerintah,” katanya Doni dalam keterangannya, Sabtu (12/9/2020) seperti dilansir Tempo.co

Ia juga mengungkapkan sejumlah daerah di Indonesia yang kasus konfirmasi positif COVID-19 tinggi mulai memanfaatkan fasilitas umum sebagai tempat isolasi mandiri

Seperti gelanggang olahraga sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19.

Pemerintah daerah yang penanganan kasus Covid-19 tinggi didaerahnya juga bisa memanfaatkan hotel bintang dua dan bintang tiga sebagai ruang isolasi mandiri.

Doni menyebut kondisi rumah sakit COVID-19 di DKI Jakarta saat ini terdapat tujuh RS yang ruangan ICU-nya penuh 100 persen. Sedangkan untuk ketersediaan tempat tidurnya sudah terbatas.

Lanjutnya, Satgas Penanganan COVID-19 juga akan mengevaluasi setiap daerah yang memiliki kasus konfirmasi positif COVID-19 yang tinggi.

Doni juga menyatakan pemerintah pusat bisa turut campur tangan untuk menangani wilayah dengan kasus COVID-19 yang tinggi.

“Satgas akan melihat dan melakukan evaluasi, wilayah dengan tingkat kasus yang sangat tinggi perlu campur tangan pemerintah pusat,” pungkas Doni (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita