by

Peduli Seniman Aceh, SIP Silaturrahmi ke Kediaman Syekh Kuna

Peduli Seniman Aceh, SIP Silaturrahmi ke Kediaman Syekh Kuna

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA- Ketua DPD II Komunitas Sahabat Ilham Pangestu (SIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Wahyuddin,S. Sos.I melakukan silaturrahmi ke kediaman salahsatu seniman Aceh, Tarmizi, AB atau akrab disapa Syekh Kuna di Gampong Kapa Kecamatan Langsa Timur, Pemko Langsa, Sabtu (26/6/2021)

Kedatangan mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAIN Cot Kala itu disambut hangat oleh seniman muda tarian seudati Aceh tersebut.

“Syekh Kuna merupakan salahsatu sosok seniman muda Kota Langsa, kiprah dan eksistensinya terhadap memajukan kesenian tradisional Aceh, khususnya Tarian Seudati patut diapresiasi” ujarnya.

Dikesempatan itu, Ia juga turut menyampaikan salam dari bapak Ilham Pangestu, anggota DPR-RI asal Aceh fraksi Golkar.

Tari Seudati adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Tarian ini biasanya ditarikan oleh sekelompok penari pria dengan gerakannya yang khas dan enerjik serta diiringi oleh lantunan syair dan suara hentakan para penari.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Langsa itu mengakui, dirinya merasa bangga bertemu dan dapat bersua bersama Syekh Kuna, seniman muda Aceh asal Kota Langsa.

Menurutnya, tanpa mengabaikan peran seniman Aceh lainnya, selama ini terhadap memajukan kesenian tradisional Aceh tarian Seudati, sosok Syekh Kuna tidak bisa diabaikan begitu saja.

Ia mengatakan, menjaga dan melestarikan kesenian tradisional Aceh Seudati, bukan saja merupakan tanggung jawab para seniman Aceh semata. Namun menjadi tanggung jawab semua elemen sosial masyarakat Aceh, tuturnya

Dalam kesempatan itu Wahyuddin juga turut mendoakan untuk kesembuhan dan kesehatan Syekh Kuna.

“Semoga Kanda Syekh Kuna, Allah SWT limpahkan kesembuhan dari sakitnya, kembali sehat, dan beraktifitas seperti biasanya, aamiin” kata Wahyuddin.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita