by

Vaksinasi Covid-19 Sasar Pasien ODGJ di RSJ Aceh

Vaksinasi Covid-19 Sasar Pasien ODGJ di RSJ Aceh

LANGSASATU.COM, BANDA ACEH- Vaksinasi Covid-19 sasar pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) / Disabilitas Mental di Rumah Sakit Jiwa (RSJ), Aceh, Selasa (22/6/2021).

Dikutip dari website resmi Pemerintah Aceh humas.acehprov.go.id, langkah itu dilaksanakan Pemerintah Aceh berdasarkan SE Menkes No HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas serta Pendidikan.

Direktur Rumah Sakit Jiwa Aceh, dr. Makhrozal, menerangkan, vaksinasi di RS Jiwa ini dilakukan kepada pasien yang memenuhi syarat mendapatkan vaksin.

“Program ini menyasar para pasien yang dirawat inap dan rawat jalan di RSJ Aceh yang layak divaksin dan mendapat izin dari keluarga,” ujar Makhrozal seraya menandaskan hari pertama, sebanyak 20 pasien berhasil divaksin.

Mereka dinyatakan memenuhi persyaratan, baik dari segi medis maupun terkait izin keluarga.

Vaksinasi juga melibatkan tim vaksinator dari RS Jiwa, berjumlah 10 orang.

Selain menyasar pasien RSJ, tim juga akan melakukan vaksinasi ke Panti Lansia.

“Tim vaksinator juga menerima layanan vaksinasi untuk penyandang disabilitas lainnya,” ujar Makhrozal.

Dijelaskan, saat ini terdapat 331 pasien yang sedang menjalani rawat inap di RSJ Aceh.

Ia mengatakan, program vaksinasi Covid-19 di lingkungan RS Jiwa dilakukan sebagai ikhtiar bersama untuk pencegahan penularan covid-19 bagi kelompok masyarakat,

“khusus seperti para Penyandang Disabilitas khususnya Orang Dengan Gangguan Jiwa”.

Pembukaan kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 pada orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Residen Rumoh Harapan di RSJ Aceh dihadiri Iskandar, Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh.

Turut mendampingi Direktur RSJ Aceh, Direktur RSUDZA, Kadinkes Aceh, Kabid Dokkes Polda Aceh dan SKPA terkait lainnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita