by

Pemilik Kandang Peternakan Ayam Potong Diimbau Jaga Kebersihan Lingkungan

Pemilik Kandang Peternakan Ayam Potong Diimbau Jaga Kebersihan Lingkungan

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA- Pemilik kandang peternakan ayam potong di Kecamatan Langsa Timur diimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini penting, lingkungan bersih, usaha produktif masyarakat berjalan” kata Babinsa Koramil 23/Langsa Timur, Sertu Devi Putra disela  melaksanakan giat Komunikasi Sosial (Komsos) bersama pemilik peternakan ayam di Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Kamis (12/8/2021).

Kebersihan lingkungan sangat penting,  selain itu menurut Sertu Devi, tidak hanya manusia saja yang menginginkan tempat tinggal yang bersih dan nyaman.

Kandang atau tempat ternak ayam juga harus dibuat nyaman, agar ayam tidak stress dan dapat berproduksi dengan optimal, tuturnya

Ia menambahkan, selain kenyamanan kandang seperti ayam potong  juga tidak mengabaikan sejumlah aspek lainnya seperti, ketepatan pengaturan suhu dan kualitas udara, kelembapan, cahaya yang masuk, ketersediaan air, pakan dan lainnya.

Semua itu bertujuan untuk peroleh hasil produksi yang berkualitas dan melimpah, pungkasnya.

Sementara itu, salahsatu pemilik peternak ayam potong, Saiful Bahri mengatakan, budidaya ayam potong sebenarnya bisa dikatakan susah-susah gampang, karena kandang tidak boleh berada di lokasi pemukiman.

Selain itu, peternak harus ulet dalam penanganannya, ayam tidak boleh stress, kandang juga harus terawat bersih, terangnya

Di tempat terpisah Kapten Kav Khairul Nizam Danramil 23/Langsa Timur mengatakan, Babinsa harus sering mengingatkan dan mengimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang, hal itu penting, supaya tidak tercemar udara ke pemukiman warga sehingga menimbulkan hal – hal yang tidak di inginkan.

Selain itu, Babinsa tidak hanya menekankan tentang kebersihan, sinergitas antara TNI dan Rakyat harus tetap selalu terjaga, tegasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita