by

Penghulu Diminta Tidak Bisniskan Buku Nikah

-Nanggroe-32 views

Penghulu Diminta Tidak Bisniskan Buku Nikah

LANGSASATU.COM, LANGSA- Penghulu diminta untuk tidak membisniskan buku nikah, apalagi sampai jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh, Iqbal dalam sambutannya pada kegiatan Bimbingan Pengukuhan Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) di Idi, Aceh Timur Sabtu, (3/7/2021)

“Jangan jual belikan buku nikah, jangan juga mencetak buku-buku nikah palsu, apalagi bekerja sama dengan qadhi-qadhi liar,” kata Iqbal

Dilansir antaranews.com, Kakanwil Kemenag Aceh juga menegaskan sanksi berat akan diberikan pihaknya, jika nanti ditemukan ada oknum penghulu atau ASN dibawah jajaran Kementerian Agama Kabupaten/Kota, nekat memperjualbelikan buku nikah.

Sanksi itu diberikan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undang yang berlaku.

“Oleh karenanya jangan berbisnis dengan buku nikah, karena buku nikah ini adalah dokumen negara,” kata Iqbal.

Dalam kesempatan itu, Iqbal juga mengingatkan ASN di jajaran kemenag untuk tidak latah dalam menggunakan media sosial (medsos), baik Facebook, WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Apalagi hingga menyebarkan berita yang tidak jelas kebenarannya (Hoax), dimana konsekuensi hukum akan berhadapan dengan UU ITE

“Hati-hati dengan informasi di medsos. Jika yang disebarkan itu berita hoax, maka tentu akan ada konsekuensi hukum yang diproses menggunakan UU ITE,” pungkas Iqbal.(*)

Fhoto : ilustrasi buku nikah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita