by

Peringatan Dini BMKG, Selasa 12 Juli 2022, Aceh Berpotensi Alami Hujan Dapat Disertai Angin Kencang

-Nanggroe-12 views

Peringatan Dini BMKG, Selasa 12 Juli 2022, Aceh Berpotensi Alami Hujan Dapat Disertai Angin Kencang

LANGSASATU.COM | JAKARTA- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem. Hujan deras yang dapat disertai angin kencang dan petir pada Selasa (12/7) berpotensi terjadi di provinsi Aceh, masyarakat diminta mewaspadainya.

Selain itu, hujan yang dapat disertai angin kencang dan petir juga berpotensi terjadi di sejumlah provinsi lainnya yaitu di Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Bagian wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga diprakirakan menghadapi hujan lebat.

Sementara wilayah Provinsi Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan berpeluang mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan dan Provinsi Nusa Tenggara Timur berpotensi menghadapi angin kencang.

Di wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari.

BMKG menyampaikan peringatan bahwa bagian wilayah Provinsi Maluku statusnya siaga menghadapi dampak hujan lebat seperti banjir dan tanah longsor.

Sedangkan wilayah Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua menurut BMKG berstatus waspada menghadapi dampak hujan lebat.(ant)

fhoto : ilustrasi hujan net

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.