by

Petani Diserang Harimau Saat Memanen Cabai

-Nanggroe-26 views

Petani Diserang Harimau Saat Memanen Cabai

LANGSASATU COM, ACEH SELATAN- Seorang petani warga Desa Seulekat, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (21/5/22) sekira pukul 11.00 Wib, diserang harimau saat memanen cabai di kebun miliknya.

Akibatnya, pria berusia 42 tahun tersebut mengalami luka di bagian kaki kanan

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Hadi Sofyan mengatakan, korban bernama Muhajir, saat ini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit di Tapak Tuan guna mendapat penanganan medis.

Diterangkan, kejadian berawal saat itu, korban tengah memanen cabai di kebunnya. Namun tiba-tiba dari semak belukar disekitar kebun yang bersangkutan muncul seekor harimau.

Melihat binatang buas tersebut, korban langsung melarikan diri dan memanjat batang pohon. Namun harimau mengejar dan menyerang korban sehingga mengakibatkan bagian kaki kanannya terluka.

Kemudian, korban berhasil memanjat pohon lebih tinggi dan menghubungi warga meminta bantuan.

Selanjutnya, sejumlah warga datang ke lokasi dan membantu korban.

Hadi menyebutkan, kemunculan harimau di kawasan tersebut sudah berlangsung sejak tujuh bulan lalu.

Menurutnya, ada tiga ekor harimau yang terdeteksi sering masuk ke kebun warga.

“Satu individu di antaranya sudah dievakuasi dan dilepasliarkan ke tempat lain setelah masuk kandang perangkap yang dipasang. Diperkirakan, harimau yang menyerang petani tersebut satu dari dua individu tersebut,” paparnya.

Dikatakan, saat ini ada empat kandang perangkap yang dipasang di sejumlah tempat di Kecamatan Bakongan Timur dan Kecamatan Trumon. Kabupaten Aceh Selatan. Dua kecamatan itu sering dilaporkan harimau berkeliaran di kebun warga.

Pihaknya juga memasang kamera pemantau di sejumlah tempat di wilayah itu. Namun, hingga kini belum ada harimau yang terdeteksi, hingga akhirnya dilaporkan menyerang petani.

Dikesempatan itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar mewaspadai kemunculan harimau, terutama kebunnya berada di dekat hutan. Selain itu juga diimbau warga petani jika pergi kebun, tidak sendirian, pungkasnya.(ant)

Fhoto : ilustrasi harimau

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.