by

Peusijuk 104 Calon Haji, Ini Pesan Bersahaja Bupati Aceh Timur

Peusijuk 104 Calon Haji, Ini Pesan Bersahaja Bupati Aceh Timur

LANGSASATU.COM, IDI- Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib
melakukan Peusijuk (red-tepung tawar) 104 Calon Haji asal Kabupaten setempat.

Kegiatan berlangsung di Masjid Agung Darussalihin Idi, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (9/6/22)

Usai prosesi Peusijuk dalam kata sambutannya Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib mengingatkan, calon haji nanti tiba di tanah suci jangan sibuk dan lalai dengan kegiatan berbelanja oleh-oleh, sehingga niat semula untuk beribadah menjadi terabaikan

“Selama berada di tanah suci, calon haji harus fokus beribadah agar tidak lalai dalam menyempurnakan seluruh rukun haji. Jangan sibuk dan lalai berbelanja oleh-oleh,” kata Bupati

Menurutnya, tidak salah dan dirinyapun tidak melarang calon haji berbelanja, agar mendapatkan buah tangan untuk keluarga.

Namun, yang paling utama sambung Bupati akrab disapa Rocky ini yaitu menunaikan ibadah, sehingga menjadi haji yang mabrur.

“Silakan berbelanja. Namun jangan lalai. Dan paling penting fokus beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Semoga menjadi haji yang mabrur,” kata Bupati Hasballah HM Thaib.

Dikatakan, tidak semua umat Islam mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Menurutnya, wabah pandemi COVID-19 telah membatasi usia calon haji melaksanakan rukun Islam kelima ini.

“Banyak umat Islam yang mampu dari segi financial, tapi belum menyetor ongkos naik haji atau ONH. Ini semuanya tergantung dari hidayah dan panggilan Allah SWT,” kata Hasballah HM Thaib.

Begitu juga dengan calon haji yang sudah menyetor ONH sambung Ricky, namun hingga saat ini belum mendapat kesempatan melangkah kakinya ke tanah suci, sehingga harus menunggu antrean bertahun-tahun.

Bahkan, ada calon haji yang sudah mendaftar dan membayar ONH, namun menjelang keberangkatan harus menunda karena berbagai faktor dan alasan, tutur Bupati Rocky.

“Jadi, bagi yang berkesempatan naik haji, manfaatkan kesempatan tersebut. Kami juga berharap para calon haji mendoakan Aceh agar tetap aman, makmur dan sejahtera,” ujarnya

Calon haji asal Kabupaten Aceh Timur sebanyak 104 orang. Tergabung dalam Kloter 3 Embarkasi Banda Aceh.

Mereka dijadwalkan masuk Asrama Haji Banda Aceh tanggal 16 Juni 2022 dan satu hari kemudian berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.(ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita