by

Pj Walikota Langsa : Program Guru Penggerak Hasilkan Generasi Kepemimpinan Pendidikan

-Langsa-47 views

Pj Walikota Langsa : Program Guru Penggerak Hasilkan Generasi Kepemimpinan Pendidikan

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM | LANGSA- Program Guru Penggerak digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan Indonesia.

Demikian antara lain disampaikan Pj Walikota Langsa diwakili Plt Sekdakot Langsa, Darfian,ST dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim pada upacara HUT PGRI ke-77 bertempat di Lapangan Merdeka Kota Langsa, Jum’at (25/11)

“Mereka adalah guru yang menomorsatukan murid dalam setiap keputusannya, yang mampu menjadi mentor bagi guru-guru lainnya, dan berani melakukan terobosan-terobosan dalam memperjuangkan yang terbaik bagi muridnya. Inilah generasi baru kepala sekolah dan pengawas” kata Darfian

Upacara turut dihadiri Ketua DPRK Langsa, Forkopimda, Rektor, Pimpinan OPD, Kepala Sekolah, IGI Kota Langsa, Pelajar dan sejumlah tamu undangan itu, disebutkan saat ini lebih kurang 50.000 Guru Penggerak, dan tentunya pemerintah akan terus mendorong agar makin banyak guru di seluruh penjuru Nusantara menjadi Guru Penggerak untuk memimpin roda perubahan pendidikan Indonesia.

Diharapkan agar seluruh kepala daerah dapat segera mengangkat para Guru Penggerak untuk bisa menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah, para inovator di sekolah dan di lingkungan sekitar.

Selain itu sambung Sekdakot, demikian halnya terhadap program persiapan calon guru masa depan, khususnya melalui transformasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan guru melakukan refleksi. Inovasi, lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus, dan masyarakat melalui sistem digital.

“Semua ini bertujuan untuk melahirkan para pendidik sejati yang profesional dan adaptif,  memprioritaskan kebutuhan peserta didik, dan selalu bersemangat untuk berkolaborasi dalam berinovasi,” pungkasnya.

Kegiatan upacara HUT PGRI ke-77 di Kota Langsa secara umum dilaporkan berlangsung, tertib dan lancar (*)

Teks Fhoto : Plt Sekdakot Langsa Darfian,ST menyampaikan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI pada upacara HUT PGRI ke-77 Pemko setempat (Langsa satu.com/ist)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.