by

PMI Kota Langsa Krisis Stock Darah

LANGSA SATU.COM,LANGSA : Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Langsa krisis stock darah, Kamis (2/4/2020). Kondisi itu terjadi juga tidak terlepas dampak dari “teror” wabah virus Covid-19.

“Wabah virus covid-19, berdampak terhadap kesediaan darah di pelayanan darah terutama di Unit Donor Darah PMI Kota Langsa” petugas UDD PMI Kota Langsa, pada Langsa Satu.ComĀ melalui pesan whats appnya.

Diakuinya, saat ini stock darah alami krisis atau kosong dan kondisi ini kata Hengky sudah berlangsung sepekan terakhir ini. Pihaknya berharap kepada beragai elenen masyarakat di Kota Langsa untuk bersama mengatasi problem ini. 

“PMI mengajak seluruh masyarakat,  komunitas, Instansi Pemerintah /Swasta, TNI/Polri, bantu kami, kami sangat menyadari, tidak mungkin dapat berjalan sendiri menghadapi kondisi ini” ujarnya.

Pihaknya khawatir, kurangnya ketersediaan darah ini, berdampak terhadap masyarakat, terutama yang membutuhkan darah di Rumah Sakit (RS) seperti pasien Thalasemia, Kanker, Kecelakaan, Ibu hamil beresiko tinggi. 

“Pasien seperti ini, kebutuhan akan darah tidak dapat ditunda atau ernegency” ujarnya.

Beranjak dari keadaan itu kata Hengky pihaknya tidak pernah lelah dan bosan menghimbau atau mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah di unit donor darah terdekat.

“Setetes darah yang didonorkan sangat berarti membantu orang lain, semoga saja melalui tindakan mulia yaitu melakukan donor darah, menjadi amalan yang akan melindungi kita dari wabah yang sedang pandemi ini,” tuturnya. 

Ia juga mengatakan, bagi masyarakat yang hendak mendonorkan darah dan prosesnya ingin dilakukan dirumah atau di kediaman yang bersangkutan.

Pihaknya dengan senang hati bersedia mendatangi ketempat pendonor atau dapat meghubungi Tim Pelestarian Unit Donor Darah PMI Kota Langsa di nomor, 085206096787 (UDD PMI Langsa) atau  085296129601 (dr Dahniar) dan 085261788617 (Hengky).

“Harapan kami Unit Donor Darah PMI Kota Langsa, bantuan dari warga yang sudah waktunya donor, dapat mendonorkan darahnya, terutama bagi anggota TNI-POLRI yang sejak dulu kala sudah menjadi pahlawan donor, apalagi disaat seperti ini”, tuturnya   

Diterangkan, pihaknya selalu stanby di Tribun Utama Lapangan Merdeka Kota Langsa, melayani warga terutama yang ingin mendonorkan darahnya.

“Meskipun hasilnya jauh dari harapan, Alhamdulillah dapat membantu, khususnya bagi warga yang membutuhkan darah di rumah sakit” ujarnya seraya menandaskan, selalu saja ada permintaan terhadap kebutuhan akan darah pada pihaknya, dari 7 (Tujuh) rumah sakit.

PMI Kota Langsa optimis dan terus mekakukan berbagai upaya terhadap ketersediaan darah, meskipun ditengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

“Kami ikhlas, semua itu semata demi keselamatan pasien yang membutuhkan darah,” ujar Hengky. (*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita