by

PMI Kota Langsa Santuni Puluhan Anak Yatim Thalasemia

-Langsa-27 views

PMI Kota Langsa Santuni Puluhan Anak Yatim Thalasemia

LANGSASATU.COM, LANGSA- Memperingati hari donor darah sedunia. Melalui Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Langsa menyantuni puluhan anak yatim penderita Thalasemia serta gelar donor darah.

Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan Suzuya Mall Langsa, dibuka oleh Walikota Langsa yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Sekretariat Pemko Langsa, dr Herman berlangsung di halaman Mall setempat, Kamis (30/6/)

Thalasemia merupakan kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik, sehingga mengakibatkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Dalam sambutannya, dr. Herman mengatakan, Pemko Langsa memberi apresiasi terhadap kegiatan mulia ini. Dikesempatan itu, kepada anak anak Thalasemia dr Herman berpesan, untuk tetap semangat.

Sementara kepada UDD PMI Kota Langsa, dr Herman mengatakan, Pemko Langsa berharap kebutuhan darah terhadap penderita thalasemia, tetap tersedia dan terjaga, harapnya.

Ketua PMI Kota Langsa, Ir Sayid Abdurrahman MM, diwakili oleh Wakil Ketua PMI Kota Langsa, Ir T Iskandar Mirza M.Si mengatakan, PMI Kota Langsa tidak dapat berjalan sendiri melaksanakan tujuan lembaga, dukungan berbagai pihak, terutama dari pemerintah, baik tingkat provinsi maupun Kota sangat diharapkan.

Sementara itu, Kepala UDD PMI Kota Langsa, dr Mawar Afrida M.Ked (Clin-Path) Sp.PK, mengatakan, peringatan hari donor darah sedunia, seyogianya dilaksanakan pada 14 Juni 2022. Namun kali ini jadwalnya sedikit digeser, karena berbagai persiapan.

Tujuan dan sasaran dilaksanakan kegiatan kata dr. Mawar, memotivasi masyarakat untuk dapat berpartisipasi terutama dalam mendonorkan darahnya.

Disebutkan, kebutuhan akan darah untuk Kota Langsa mencapai 500 s.d 600 kantong darah setiap bulan.

Namun demikian, pihaknya dalam hal ini UDD PMI Kota Langsa, terus melakukan berbagai upaya mewujudkan akan ketersediaan darah.

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat, terutama Kota Langsa, untuk melakukan donor darah secara rutin tiga bulan sekali.

Donor darah sebutnya, selain berdampak positif terhadap kesehatan tubuh terutama bagi para pendonor darah. Dan juga merupakan perbuatan mulia, mungkin melalui setetes darah yang kita sumbangkan dapat menyelamatkan nyawa orang lain, tuturnya.

Sejauh ini sambung dr Mawar, darah disalurkan keberbagai RSUD baik Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Tamiang bahkan Aceh Utara.

Terselenggaranya kegiatan memperingati hari donor darah sedunia ini, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta membantu.

“Terimakasih kepada semua rekan-rekan PMI dan Suzuya mall yang telah menyediakan tempat maupun berbagai paket sauvenir,” ucapnya.

dr Mawar mengakui, saat ini UDD PMI Kota Langsa sangat membutuhkan alat Refrigerated Centrifuge dan Platelet Agigator yang kini belum dimiliki pihaknya.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun ini mengusung tema ‘Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas bergabunglah dan selamatkan nyawa’.

Pendonor diberikan pakat sauvenir dari UDD PMI dan juga dari Suzuya Mall Langsa berupa 100 hadiah doorprize menarik.

Asisten Manager Building, Suzuya Mall Langsa, Hardiansyah, mengatakan, kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia ini mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang dan pihaknya akan terus memberikan support.

“Kedepan kita juga akan terus agenda kegiatan serupa dengan menggandeng UDD PMI Kota Langsa bahkan kita siap untuk berbagai event besar lainnya,” ujarnya.

Kata Hardiansyah, pihaknya telah menyiapkan berbagai bingkisan khusus untuk para anak-anak Thalasemia dan ini merupakan bentuk kepedulian pihak Suzuya Mall Langsa.

“Semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi adik-adik kita yang penderita Thalasemia dan terima kasih buat UDD PMI Kota Langsa,” tandasnya.

Hadir di acara, Kadinkes Kota Langsa, Warek III Bidang Kemahasiswaan, Universitas Samudera Langsa. Manajemen Suzuya Mall, seluruh jajaran pengurus UDD PMI Kota Langsa (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.