by

Polisi Amankan Tujuh Terduga Pelaku Pungli di Ekowisata Mangrove Forest Park Langsa

-Langsa-227 views

Polisi Amankan Tujuh Terduga Pelaku Pungli di Ekowisata Mangrove Forest Park Langsa

LANGSASATU.COM | LANGSA – Polsek Langsa Barat, mengamankan Tujuh orang terduga pelaku pungutan liar (Pungli) di areal Parkiran Ekowisata Mangrove Forest Part, Gampong Kuala langsa Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro,SH,SIK,MH melalui Kapolsek Langsa Barat, AKP Lilik Harwanto, SH, Selasa (19/7) menyebutkan, ketujuh terduga pelaku pungli diamankan  masing masing inisial SF (33), TJ (34), TR (33), HW (24), WY (26), TH (40) serta HD (34), ketujuhnya merupakan warga Gampong Kuala Langsa.

Diterangkan, Minggu (17/7) sekira pukul 16.00 Wib, diperoleh laporan dan informasi terjadi pungli terhadap warga pengunjung Ekowisata Mangrove Forest Park yang diduga dilakukan oleh petugas parkir di lokasi salah satu destinasi wisata Kota Langsa tersebut.

Pelaku memungut uang parkir kepada pengunjung sebesar Rp. 5.000, sementara, biaya tertera pada karcis parkir yang disediakan oleh pengelola Ekowisata Mangrove Forest Part Langsa, CV Ayudhia Management yakni sebesar Rp.2.000.

Praktek tidak terpuji tersebut tak ayal menimbulkan komplain terutama dari warga pengunjung. Bahkan, praktek dugaan pungli itu sempat menjadi pemberitaan di berbagai media online.

Berdasarkan informasi tersebut Team Opsnal gabungan Reskrim dan intelkam Polsek langsa Barat mendatangi TKP dan mengamankan terhadap tujuh orang nama tersebut diatas yang diduga melakukan pungli di parkir Ekowisata manggrove Forest Park Gampong Kuala langsa Kecamatan Langsa Barat Kota langsa.

Petugas berhasil menyita Barang bukti (BB) berupa uang tunai sejumlah Rp.150.000, berbentuk pecahan uang Rp 5.000 sebanyak 30 Lembar.

Petugas juga turut mengamankan sisa blok karcis parkir Sepeda Motor Rp 2.000, sebanyak empat blok jumlah 70 lembar. Kemudian, sisa blok parkir mobil Rp 5.000 sebanyak satu blok jumlah 60 lembar.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan di Polsek Langsa barat, guna pengusutan lebih lanjut.

Dari hasil interogasi dilakukan terhadap ke tujuh terduga pelaku itu, diketahui pelaku perharinya mendapatkan hasil pungli lebih kurang Rp 20.000 , per orangnya. Sedangkan pada hari libur dan hari raya mereka mendapatkan hasil mencapai Rp 50.000, s/d Rp.100.000 perorang per perharinya.

Uang hasil pungli tersebut mereka pergunakan untuk biaya kebutuhan sehari- hari dan membeli rokok, kata Kapolsek.

Disebutkan, hingga saat ini belum ada korban yang melaporkan secara resmi di Polsek Langsa Barat, melainkan hanya membuat berita di medsos dan media online, sehingga Polsek Langsa Barat menindak lanjuti guna memberikan efek jera.

Selanjutnya ketujuh terduga pelaku dikembalikan ke Gampong untuk mendapatkan pembinaan, dengan harapan agar tidak kembali mengulangi perbuatan tersebut.

Menurut Kapolsek, apabila hal ini tidak dilakukan tindakan dan penangkapan para terduga pelaku pungli ini, berdampak terhadap terjadinya kriminalitas serta meresahkan warga, terutama pengunjung Ekowisata Mangrove Forest Part.

Selain itu juga berdampak terhadap kantibmas di lokasi destinasi parawisata khususnya di wilayah hukum Polsek Langsa Barat.

Mencegah terulang kembali dan menjaga kondusifitas Kantibmas, Polsek Langsa Barat meningkatkan patroli di wilayah hukumnya.

Selain itu Bhabinkamtibmas juga terus melakukan penyuluhan kepada warga, untuk bersama menjaga kantibmas terutama di Gampong Kuala Langsa dan Kota Langsa umumnya. Demikian Kapolsek Langsa Barat, AKP Lilik Harwanto,SH (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.