by

Polisi Amankan 4 Tersangka asal Bireun dan Nagan Raya, BB Ganja Kering seberat 528,88 Kg

-Nanggroe-29 views

Polisi Amankan 4 Tersangka asal Bireun dan Nagan Raya, BB Ganja Kering seberat 528,88 Kg

LANGSASATU.COM, ACEH TENGAH- Bareskrim Mabes Polri berhasil menangkap 4 tersangka dari berbagai daerah di Aceh.

Selain itu polisi juga berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) narkotika jenis ganja kering seberat 528,88 Kg.

“Ada empat orang yang telah diamankan,” kata Wadir Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Jayadi SIK saat menggelar jumpa pers Takengon Kabupaten Aceh Tengah, Kamis. (2/6/2021)

Dikutip antaranews.com, Adapun 4 tersangka itu masing-masing, IB (42 tahun) warga Kabupaten Bireuen Aceh, IS alias UG (44 tahun), MA (35 tahun) dan RD (37 tahun) masing-masing tercatat sebagai warga Kabupaten Nagan Raya Aceh.

Selain itu barang bukti lainnya juga berhasil diamankan dari pelaku yaitu 3 buah telepon selular merek Samsung, 1 buah telepon selular merek Nokia, serta alat press ganja.

Kombes Pol Jayadi menjelaskan, pengungkapan kasus itu didasari pada analisa data atau pengungkapan kasus peredaran ganja sebelumnya yang ditangani Bareskrim Polri.

Pada periode Januari hingga Mei 2021, paparnya, jajaran Direktorat Narkoba Polri telah mengungkap sebanyak 1.334 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 1.610 orang, dan 2,1 ton ganja di seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil data analisa tersebut relevan dengan adanya informasi dari masyarakat bahwa, daerah Takengon Kabupaten Aceh Tengah dan Nagan Raya Aceh sering terjadi peredaran ganja skala besar.

Setelah dilakukan penyelidikan, pengungkapan jaringan Jakarta-Palembang-Medan yang dilakukan Direktorat Narkoba Bareskrim Polri selama satu bulan bersama Polda Aceh, berhasil mengamankan 198 bungkus ganja dengan berat 223,95 kilogram pada Rabu (9/6/2021) lalu.

Selanjutnya, tim melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan empat tersangka pada Kamis (24/6/) lalu di sejumlah daerah di Aceh, dengan barang bukti sembilan karung ganja kering seberat 3.044,6 kilogram bruto.

Atas perbuatannya, keempat tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati.

Tersangka juga dijerat dengan Pasal 111 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana paling singkat empat tahun, dan paling lama 12 tahun, pungkasnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita