by

PPP Apresiasi PMI Kota Langsa Peduli Anak Thalasemia

PPP Apresiasi PMI Kota Langsa Peduli Anak Thalasemia

LANGSASATU.COM, LANGSA- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Langsa mengapresiasi langkah mulia Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa memberi perhatian dan kepeduliannya terhadap anak penderita Thalasemia terutama di Kota Langsa.

“Meskipun bagian dari tugas, namun ini perbuatan mulia, dan semua pihak patut mengapresiasinya” kata Wakil Ketua DPC PPP Kota Langsa, Heriyanto Ginting pada LANGSASATU.COM, Jum’at (1/7/22) di Kota Langsa.

Thalasemia merupakan kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik,sehingga mengakibatkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Lanjut Heriyanto, pihaknya juga memuji kinerja UDD PMI Kota Langsa yang terus berperan aktif memenuhi ketersediaan kebutuhan darah bagi warga (pasien) yang membutuhkan pada sejumlah rumah sakit yang tersebar, baik di Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Tamiang.

Dikesempatan itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk terus melakukan donor darah.

“Setetes darah yang kita donorkan, mungkin sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan” kata Heriyanto Ginting.

Terkait kebutuhan alat Refrigerated Centrifuge dan Platelet Agigator kata Heriyanto Ginting,  mengaku pihaknya prihatin, dimana hingga saat UDD PMI Kota Langsa belum memilikinya.

Pun demikian, menurutnya hal ini menjadi pemikiran bersama pemerintah daerah dan dewan, baik  tingkat kota maupun Provinsi, mewujudkan akan ketersedian sarana untuk kepetingan masyarakat tersebut.

Pihaknya juga yakin dan optimis terealisasi, terkait hal ini, disarankan pihak UDD PMI Kota Langsa melakukan komunikasi serta koordinasi dengan pemerintah kota dan provinsi, demikian Wakil Ketua DPC PPP Kota Langsa, Heriyanto Ginting

Sebelumnya di beritakan, dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia. Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia ( UDD PMI) Kota Langsa bersama Suzuya Mall Langsa, Kamis (30/6) menyantuni puluhan anak yatim penderita Thalasemia.

Kegiatan dibuka oleh Walikota Langsa yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Sekretariat Pemko Langsa, dr Herman berlangsung di halaman Mall setempat.

Kepala UDD PMI Kota Langsa, dr Mawar Afrida M.Ked (Clin-Path) Sp.PK, mengatakan, tujuan dan sasaran dilaksanakan kegiatan, memotivasi masyarakat untuk dapat berpartisipasi terutama dalam mendonorkan darahnya.

Ia menyebutkan, kebutuhan akan darah untuk Kota Langsa mencapai 500 s.d 600 kantong darah setiap bulan.

Namun demikian, pihaknya dalam hal ini UDD PMI Kota Langsa terus melakukan berbagai upaya mewujudkan terhadap ketersediaan darah.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat terutama Kota Langsa, untuk melakukan donor darah secara rutin tiga bulan sekali.

Donor darah sebutnya, selain berdampak positif terhadap kesehatan tubuh khususnya bagi para pendonor darah. Dan juga merupakan perbuatan mulia, melalui setetes darah yang kita sumbangkan dapat mungkin menyelamatkan nyawa orang lain, tuturnya.

Sejauh ini sambung dr Mawar Afrida, darah itu disalurkan keberbagai RSUD baik Aceh Timur Kota Langsa, Aceh Tamiang bahkan Aceh Utara, pungkasnya (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita