by

Produksi Garam Aceh Timur 204 Ton per Tahun, Mampu Penuhi Kebutuhan Lokal

-Nanggroe-30 views

Produksi Garam Aceh Timur 204 Ton per Tahun, Mampu Penuhi Kebutuhan Lokal

Produksi garam tradisional Kabupaten Aceh Timur mencapai hingga 240 ton pertahun, jumlah tersebut mampu memenuhi terhadap kebutuhan garam masyarakat

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Aceh Timur, Cut Ida Mariya di Aceh Timur, Kamis (19/5/22)

Sejumlah kecamatan kawasan pesisir sentra produksi garam di Aceh Timur sebut Cut Ida yakni Madat, Simpang Ulim, Julok, Nurussalam, Darul Aman, Peudawa, Peureulak Barat, Peureulak, Peureulak Timur, Sungai Raya, Ranto Selamat, dan Kecamatan Birem Bayeun.

Menurutnya, Aceh timur miliki potensi pengembangan produksi garam menjanjikan. Apalagi bila didukung peluang pasar.

Ia menyebutkan, wilayah pemerintahan Kabupaten Aceh Timur memiliki 513 Gampong (Desa) dan 24 kecamatan, terangnya.

Cut Ida mengatakan garam rakyat yang diproduksi di Aceh Timur masih cara tradisional, sehingga belum mampu bersaing dengan gram produk pabrikan.

“Pasar garam Aceh Timur hanya dijual untuk kebutuhan lokal. Ada juga dijual ke beberapa daerah tetangga. Untuk pasar luar Aceh, garam Aceh Timur belum mampu bersaing,” tuturnya

Oleh karena itu sambungĀ  Cut Ida Mariya, kedepan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas pengolahan produksi dapat dilakukan secara modern, agar produksi lebih optimal.

Menurutnya, penerapan produksi garam secara modern lebih mudah dan menghasilkan keuntungan maksimal, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani garam di sepanjang pesisir Aceh Timur.

Selain itu, produk dan kualitas garam Aceh Timur juga dapat bersaing di pasar regional maupun nasional, pungkasnya (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.