by

Profesi Wartawan Mulia, Profesionalitas dan Proforsionalitas Dituntut

-Langsa-39 views

Profesi Wartawan Mulia, Profesional dan Proforsional Dituntut

LANGSASATU.COM, LANGSA – Profesi wartawan (Jurnalis) sangat mulia yaitu memberikan informasi serta edukasi bagi masyarakat luas.

Selain itu tugas wartawan juga tidak terlepas dari berbagai resiko dan tantangan. Namun resiko itu dapat termarginalkan apabila profesi itu dilakoni secara profesional dan proforsional

Hal itu dikatakan Syukri Asma, salahsatu wartawan senior Kota Langsa pada satu.com,Jum’at (7/8/2020).

Terkait persoalan pelaporan media dan wartawan ke pihak kepolisian menurutnya, hal itu perlu ditelusuri lebih mendalam, mengapa itu bisa terjadi.

Ia mengungkapkan tentang itu dapat saja terjadi disebkan berbagai alasan seperti dalam penulisan berita tidak bersandar dan melanggar UU no 40 tahun 1999 tentang Pers atau UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Jika ada oknum wartawan dilaporkan warga, menurut saya itu bukan resiko yang harus diemban, namun itu patut diduga kemungkinan ada kelemahan daiam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai jurnalis” tuturnya seraya menambahkan tugas dan fungsi wartawan sangat mulia, oleh karenanya dituntut profesional.

Direktur LBH Bening ini juga menegaskan, siapapun tidak boleh menghalangi tugas dan fungsi jurnalistik, jika dikakukan itu adalah pidana, dimana diatur dalam undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Syukri mengingatkan, akan tetapi sebaliknya, jika tidak dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik dalam menggeluti profesinya sebagai wartawan atau jurnalis.

Seperti dalam penyajian berita atau informasi, apalagi bersifat tendensius, menyerang pribadi dan mencemar nama baik serta kehormatan orang lain, maka kita akan dihadapkan dengan UU ITE.

“Ini yang patut diantisipasi, jika tidak maka pasal 27 ayat 3 dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan atau denda 1 Miliyar dan ini diatur pada pasal 45 ayat 1 serta pasal 51 ayat 2 UU ITE, ini disandarkan pada KUHP sebagai rumusan dasar Pasal 310 dan 31, ini akan menjerat kita (wartawan)” terangnya

Ia menghimbau kepada semua rekan seprofesi, untuk bersama dapat meningkatkan kemampuan serta kompetisi terutama dalam menjalankan tugas sebagai seorang wartawan (jurnalis) profesional” tutup Syukri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita