by

Putin Kirim Rudal Nuklir ke Belarusia

Putin Kirim Rudal Nuklir ke Belarusia

LANGSASATU.COM, MOSKOW- Konflik antara Rusia dan Ukraina semakin memanas. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, negaranya akan mengirimkan sistem Rudal Iskander-M yakni rudal balistik atau rudal jelajah berkekuatan nuklir ke Belarusia.

Presiden Putin menyampaikan hal tersebut, Sabtu (25/6/22) waktu setempat saat menerima Pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko di Saint Petersburg.

Seperti dilansir AFP, Minggu (26/6/22), Putin menyebutkan pengiriman itu akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang.

“Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan mentransfer sistem rudal taktis Iskander-M ke Belarus, yang dapat menggunakan rudal balistik atau rudal jelajah, dalam versi konvensional dan nuklirnya,” kata Putin dalam siaran di televisi Rusia.

Rusia juga menawarkan untuk meningkatkan pesawat tempur Belarusia agar mampu membawa senjata nuklir.

“Banyak Su-25 (pesawat) yang beroperasi dengan militer Belarusia. Mereka dapat ditingkatkan dengan cara yang tepat,” kata pemimpin Rusia itu.

“Modernisasi ini harus dilakukan di pabrik-pabrik pesawat di Rusia dan pelatihan personel harus dimulai sesuai dengan ini,” tambahnya, setelah Lukashenko memintanya untuk ‘menyesuaikan’ pesawat. Kami akan menyepakati bagaimana mencapai ini,” lanjut Putin.

Putin telah beberapa kali mengacu pada senjata nuklir sejak negaranya melancarkan operasi militer di Ukraina pada 24 Februari lalu, sebagai peringatan kepada Barat untuk tidak turut campur tangan.

Sementara itu Lukashenko menyebutkan, negaranya bulan lalu telah membeli dari Rusia, rudal berkemampuan nuklir Iskander-M dan sistem anti-rudal anti-pesawat S-400 (dtc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *