by

Remaja Mesjid Gampong Sidorejo Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah

Remaja Mesjid Gampong Sidorejo Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Remaja Mesjid Gampong Sidorejo Kecamatan Langsa Lama, Pemko Langsa,Aceh, Minggu (27/6//2021) gelar pelatihan fardhu kifayah kepada remaja putra/i, gampong setempat.

Pelatihan yang berkenaan tentang Tata Cara Memandikan Mayit, Mengkafani, Membungkus dan Mengsholatkan Mayit itu berlangsung di Balai Masjid Quba, Gampong Sidorejo.

Kegiatan yang pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan itu diisi oleh pemateri yaitu, Tgk. H.Mahmud, (Imum Syik Gampong) dan Tgk. Bahlia.(Imum Dusun).

Keuchik Gampong Sidorejo, Tgk. Salahuddin diwakili Sekdes Suriyanto mengatakan, pelatihan Fardhu Kifayah sangat penting diberikan terutama bagi generasi muda untuk mengetahui tentang tata cara pelaksanaan penanganan mayit sesuai tuntunan Syariat Islam.

“Selama ini, fardhu kifayah seperti memandikan dan mengkafani mayit dilakukan mayoritas dari kalangan berusia lanjut” ujarnya.

Pihaknya berharap melalui pelatihan ini terutama bagi para peserta yaitu remaja putra dan putri Gampong Sidorejo, memahami dan menguasai tentang bagaimana tata cara pelaksanaan fardhu kifayah secara baik dan benar sesuai tuntunan Syariat, ujarnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Deni Putra mengatakan, pelatihan diikuti oleh 30 peserta, merupakan remaja putra putri Gampong Sidorejo Kecamatan Langsa Lama.

Ia menerangkan, pelatihan dilaksanakan bertujuan untuk memberi pemahaman terutama bagi peserta tentang bagaimana tata cara penanganan terhadap Mayit sesuai Syariat.

Ia juga mengakui, masih banyak dari kalangan remaja yang belum memahami atau mengetahui tentang tata cara seperti, memandikan mayit, doa yang dibacakan saat mayit dimandikan, mengkafani mayit, paparnya

Pihaknya berharap terutama kepada peserta untuk menjadikan pelatihan ini sebagai momentum menggali dan mempelajari ilmu tentang tata cara penganan mayit/jenazah sesuai tuntunan Syariat Islam yang diberikan oleh pemateri, tutupnya.

Turut hadir dikegiatan Keuchik Gampong Sidorejo diwakili oleh Sekdes Suriyanto, Bhabinkamtibmas, Tengku Imum Chik H Mahmud. Imum Dusun, Tgk Bahlia. Ketua Remaja Mesjid, Tgk. Iman dan peserta pelatihan fardhu kifayah yang terdiri dari remaja putra dan putri Gampong Sidorejo.(*)

Teks Fhoto : ilustrasi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita