by

Rudal Rusia Hantam Mal di Ukraina, 13 Orang Tewas

Rudal Rusia Hantam Mal di Ukraina, 13 Orang Tewas

LANGSASATU.COM, KYIV- Rudal Rusia menghantam sebuah pusat perbelanjaan (Mal) di Kota Kremenchuk, Ukraina, 13 orang dinyatakan tewas dan lebih 40 orang terluka

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam siaran malamnya yang diposting di Telegram, seperti dilansir dari AFP Selasa, (28/6/2022) menyebutkan, serangan Rusia di pusat perbelanjaan di Kremenchuk adalah salah satu aksi teroris paling berani dalam sejarah Eropa.

Sebelumnya, Zelensky mengatakan lebih dari seribu warga sipil berada di mal ketika rudal menghantam kota yang berpenduduk 220.000 jiwa, sebelum perang.

Bahkan Zelensky di Facebook juga menulis tentang kondisi Mal tersebut pasca serangan rudal Rusia

“Mall terbakar, penyelamat sedang memadamkan api. Jumlah korban tidak mungkin dibayangkan,” tulisnya

Presiden Ukraina melalui sebuah video menunjukkan kondisi mal dilalap api dengan puluhan penyelamat dan sebuah truk pemadam kebakaran berada luar Mal

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan, serangan itu sengaja dilakukan bertepatan dengan jam tersibuk mal dan menyebabkan jumlah korban maksimum.

Angkatan Udara Ukraina menyebutkan mal tersebut dihantam oleh rudal anti-kapal Kh-22 yang ditembakkan dari pembom Tu-22 dari wilayah Kursk di Rusia barat.

“Tembakan rudal di Kremenchuk menghantam daerah yang sangat sibuk yang tidak memiliki hubungan dengan permusuhan,” tulis Wali Kota Vitali Maletsky di Facebook. (dtc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.