by

Sandiwara ” Putroe Neng” dan “Ka Pungoe Lom” Tampil di Taman Seni dan Budaya Aceh.

-Nanggroe-94 views

Sandiwara ” Putroe Neng” dan “Ka Pungoe Lom” Tampil di Taman Seni dan Budaya Aceh.

LANGSASATU.COM | BANDA ACEH- Pertunjukan sandiwara berjudul ” Putroe Neng” dan Ka Pungoe Lom” tampil di Taman Seni dan Budaya Aceh.

Piasan tersebut akan berlangsung selama dua hari berturut yakni 5-6 Agustus 2022.

“Ini merupakan salah satu usaha kami untuk mempopulerkan kesenian teater serta mengembangkan kesenian sandiwara di Aceh,” kata Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh, Azhadi Akbar di Banda Aceh, Jum’at (5/8)

Menurut Azhadi Akbar, pertunjukan sandiwara Aceh itu merupakan langkah awal untuk bergerak maju menuju masyarakat yang memiliki budaya yang tinggi.

Selain itu sambungnya juga bertujuan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat khususnya seniman Aceh mengembangkan bakatnya terutama di bidang seni drama dan sandiwara.

“Insya Allah, seni teater dan sandiwara nantinya akan populer di Aceh,” katanya.

Ia menyebutkan, pertunjukan sandiwara ini dimainkan atau diperankan oleh seniman teater kampus dari mahasiswa UIN yang tergabung dalam sebuah komunitas teater rongsokan dan para maestro dari teater mata.

Pihaknya juga berharap apresiasi masyarakat untuk dapat hadir dan menyaksikan pertunjukan sandiwara Aceh ini

Sandiwara “Putro Neng” menceritakan tentang seorang wanita miliki paras rupawan asal Cina, Nian Nio Liankhe, pemimpin armada laut yang berganti nama menjadi Putro Neng ketika menikah dengan Sultan Meurah Johan.

Sedangkan sandiwara “Ka Pungo Lom” menceritakan gambaran kehidupan masyarakat terjebak dalam situasi gamblang.

Sementara itu Putri, penulis naskah Putro Neng, mengatakan pertunjukan sandiwara ditampilkan dengan bahasa Aceh dan ditampilkan selayaknya sandiwara.

Seni sandiwara ini juga lebih mengedepankan teknik-teknik pementasan untuk memancing respon penonton sehingga tidak kaku seperti pementasan seni teater, pungkasnya (ant)

fhoto : ilustrasi Putroe neng

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.