by

Segini Berat Sapi Qurban Dibeli Presiden Jokowi

-Nasional-12 views

Segini Berat Sapi Qurban Dibeli Presiden Jokowi

LANGSASATU COM | BANTUL- Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, umat Islam yang tidak melaksanakan haji, merayakan hari raya Idul Adha.

Juga pada hari itu, umat Islam disunnahkan untuk berqurban, dimana menyembelih hewan qurban untuk kemudian bagikan kepada umat Islam lainnya disekitar lingkungan atau daerahnya.

Tidak terkecuali Presiden RI, Ir. H Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan qurban dan membeli sapi seberat 1,077 ton atau setara 1.077 kg pada Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Sapi tersebut dibeli Jokowi dari seorang peternak di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo pada wartawan di Bantul, Kamis,(7/7) mengatakan, sapi seberat 1.077 kg itu dibeli dari seorang peternak di Desa Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, seharga Rp125 juta.

“Jadi sebelumnya kita itu kan mencari sapi-sapi yang bobotnya 900 kilogram ke atas. Ada sembilan ekor kalau dari Bantul, setelah diseleksi yang lolos satu itu,” terangnya.

Dikatakan Joko, menurut informasi yang dia terima ada dua sapi kurban dari Presiden yang akan dipotong di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Satu ekor disembelih di Gedung Agung Yogyakarta dan satunya lagi disembelih di wilayah Kabupaten Sleman.

Lanjutnya, sapi yang disiapkan untuk kurban Presiden masih berada di kandang peternak dan sudah diperiksa kesehatannya oleh petugas Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Yogyakarta.

“Sudah diperiksa, dan sekarang diawasi oleh BBVet Wates Yogyakarta,” pungkasnya (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita