by

Sekda Berpeluang Pj Bupati/Wali Kota Hingga 2024

-Nasional-45 views

Sekda Berpeluang Pj Bupati/Wali Kota Hingga 2024

LANGSASATU.COM,JAKARTA- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten/ Kota berpeluang menjadi Pejabat (PJ) Bupati/Wali Kota Hingga 2024.

Opsi tersebut dibuka oleh Kemendagri dan menunjuk Sekda sebagai pejabat kepala daerah karena peralihan kepemimpinan menuju Pilkada serentak 2024.

Dilansir CNN Indonesia, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan mengatakan, Kemendagri akan mencari pejabat pimpinan tinggi pratama atau setara eselon II untuk mengisi penjabat bupati dan wali kota. Sekda kabupaten/kota merupakan salah satu opsi.

“Sekda itu juga eselon II, bukan tidak mungkin, bisa saja sekda kabupaten/kota jadi Pj. asal dipastikan tidak ada konflik kepentingan,” kata Benni, Kamis (23/9/21).

Selain itu, disebutkan kepala dinas di tingkat provinsi juga menjadi opsi. Menurutnya, para kepala dinas di pemerintah provinsi juga berstatus eselon II.

Benni menyebut sekda di tingkat provinsi berstatus eselon I sehingga memenuhi syarat menjadi Pj. gubernur. Selain itu, sejumlah pejabat di instansi-instansi pemerintah pusat juga berstatus eselon I.

Dalam hal ini kata Benni, Kemendagri akan meminta bantuan dari kementerian/lembaga lain.

“Dapat juga dari kementerian lain, setingkat dirjen,” tuturnya.

Pihak Kemendagri memastikan penunjukan penjabat kepala daerah dilakukan dengan cermat.

Penunjukan sambungnya, akan memperhatikan aspek netralitas, efektivitas dan efisiensi, serta keberlangsungan pemerintahan daerah.

“Pengalaman 2020 kami sangat hati-hati sekali, terutama Pak Menteri hati-hati sekali menentukan pejabat-pejabat itu,” pungkasnya (*)

Fhoto :ilustrasi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita