by

Siapakah Hadi Matar, Pria Penikam Salman Rusdhie Penulis Novel Ayat ayat Setan

Siapakah Hadi Matar, Pria Penikam Salman Rusdhie Penulis Novel Ayat ayat Setan

LANGSASATU.COM|JAKARTA- Siapakah sosok Hadi Matar, pria pelaku penikaman penulis buku kontroversial ‘The Satanic Verses’ atau ‘Ayat-ayat Setan’.

Hadi Matar (24) berasal dari Fairview, New Jersey. Ia telah ditangkap usai melakukan aksinya menikam novelis kelahiran India tersebut di atas panggung dalam acara yang dihadiri 2.500 orang di New York pada Jumat (12/8) waktu setempat. Serangan terjadi sesaat sebelum pukul 11.00 waktu setempat.

Akibatnya, Salman Rusdhie harus
menjalani perawatan medis di rumah sakit pasca mendapat serangan tersebut.

Hadi Matar lahir di Amerika Serikat dari orang tua Lebanon yang berimigrasi dari Yaroun, sebuah desa perbatasan di Lebanon selatan. Informasi ini disampaikan oleh Walikota Ali Tehfe kepada kantor berita AP.

Dia diyakini lahir sekitar satu dekade setelah penerbitan The Satanic Verses, buku yang mengundang ancaman kematian Salman Rusdhie, pada tahun 1988.

Matar juga disebut sebagai simpatisan ekstrimis Syiah dan pendukung Garda Revolusi Iran.

Sementara itu, dilansir dari Associated Press (AP), pengacara Hadi Matar memasukkan pembelaan atas namanya selama dakwaan di New York barat.

Ia muncul di pengadilan mengenakan jumpsuit hitam dan putih dan masker wajah putih, dengan tangan diborgol di depannya.(dtc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.