by

Stafsus DPR-RI Serahkan Sertifikat Pelatihan BUMDES di Aceh Tamiang

-Nanggroe-50 views

Stafsus DPR-RI Serahkan Sertifikat Pelatihan BUMDES di Aceh Tamiang

Laporan : Jamil Gade

LANGSA SATU.COM,ACEH TAMIANG -Staf khusus (Stafsus) Ilham Pangestu anggota Komisi V DPR-RI asal Aceh fraksi Golkar, Halid,ST melakukan penyerahan sertifikat kepada 25 peserta pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan berlangsung di Aula pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) tersebut secara resmi ditutup Kepala DPMKPPKB Aceh Tamiang, Mix Donal, SH diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan TTG, Zubir,ST.

Dalam sambutannya Halid,ST mengatakan, peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting untuk membentuk manusia yang berkualitas, memiliki ketrampilan dan kemampuan kerja yang mandiri, profesional dan berintegritas.

“Bapak Ilham Pangestu melihat hal ini sangat penting terutama dalam upaya peningkatan kualitas SDM, khususnya di Provinsi Aceh” kata Halid,ST.

Halid yang juga merupakan Ketua DPP SIP (Sahabat Ilham Pangestu) menambahkan, langkah itu dapat dilakukan antara lain melalui pelatihan, pendidikan, pembinaan dan lainnya.

“Pembangunan fisik penting, namun pembangunan peningkatan Sumber Daya Manusia jauh lebih penting” tuturnya.

Ketua PD KOSGORO 1957 Kota Langsa ini menyebutkan, kegiatan yang sama juga berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah.

Sedang, Zubir ST mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kabupaten Aceh Tamiang dalam kata sambutannya mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPR-RI asal Aceh fraksi Golkar, bapak Ilham Pangestu yang turut peduli serta memberi perhatiannya terhadap upaya peningkatan dan pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Ini merupakan langkah mulia, beliau (Ilham Pangestu) sangat menyadari akan pentingnya peningkatan dan pengembangan kualitas SDM” kata Zubir.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sambungnya lagi, menyambut positif dan sangat apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Kita berharap kedepannya, juga dapat dilaksanakan berbagai kegiatan pelatihan lainnya dan mampu melahirkan SDM yang handal, berwawasan serta mandiri” tutupnya.

Kepada peserta pelatihan BUMDES pihaknya berharap, berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diterima saat berlangsung pelatihan kiranya dapat diimplementasikan, khususnya dalam tata kelola manajemen Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) di masing Kampung, harapnya.

Sementara itu Taufiq, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan dari Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Terpencil dan Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia menerangkan, kegiatan pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh pesertanya diikuti sebanyak 25 BUMK (Badan Usaha Milik Kampung) dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kegiatan berlangsung selama 3 (Tiga) hari, dimulai tanggal 21 s.d 23 September 2021” terangnya seraya menandaskan para pemateri  dari Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Terpencil dan Transmigrasi, Pekan Baru Provinsi Riau.

Selain itu terangnya lagi, kepada para peserta selain diberikan sertifikat penghargaan juga biaya akomodasi.

“Adapun materi pelatihan yaitu Rencana Kerja Tindak Lanjut atau RKTL dan perencanaan usaha BUMK” pungkasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita