by

Tanggul Abrasi, Pemko Langsa: Segera Ditangani

Tanggul Abrasi, Pemko Langsa : Segera Ditangani

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM | LANGSA – Kabag Pembangunan Sekretariat Pemko Langsa, Fahriansyah, SH didampingi Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Reza Fahlevi,SE beserta staf, Senin (28/11) meninjau langsung lokasi abrasi tanggul sungai di Lorong Amaliyah Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota.

Hal itu dilakukan, selain menindaklanjuti laporan dari warga juga untuk melihat langsung kondisi dan langkah penanganan yang akan dilakukan.

“Insya Allah, Pemko Langsa akan segera menanganinya” kata Fahriansyah di lokasi.

Selain di Gampong Jawa kata Fahriansyah, dihari yang sama, pihaknya juga turut meninjau titik lokasi lainnya yang kondisinya serupa yaitu di lorong Timbangan Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota.

Abrasi terjadi diperkirakan dampak dari tingginya turun curah hujan beberapa hari terakhir ini di Kota Langsa, sehingga menyebabkan volume air Krueng Langsa meningkat kemudian menghantam badan dinding tanggul .

“Sekembali dari sini, kami segera melaporkannya kepada bapak Pj Walikota Langsa untuk dapat ditindaklanjuti” ujarnya

Buyong (60) salah seorang warga Lorong Amaliyah Gampong Jawa mengatakan, kondisi kerusakan tanggul sungai tergolong parah.

Menurutnya, jika tidak segera dilakukan penanganannya dikhawatirkan, bila hujan kembali turun dengan curah tinggi dan volume air sungai meluap, maka dapat dipastikan tanggul tersebut akan jebol, air banjir akan mengalir ke pemukiman warga dan badan jalan P.Polem.

“Kondisi tanggul, kelebarannya hanya tinggal beberapa centi meter saja,” tuturnya.

Dirinya bersama warga lainnya yang berdomisili disekitar tanggul rusak tersebut berharap Pemko Langsa melalui instansi terkaitnya dapat segera menangani dan melakukan perbaikan, harapnya (*)

Teks Fhoto : Tanggul (benteng) abrasi di lorong Amaliyah Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota. (Langsa satu.com/Jamil Gade)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.