by

Tes Swab Tenggorokan, Satu Warga Tamiang Positif Covid, Empat Negatif

Satu Warga Tamiang Positif Covid, Empat Negatif, Satu Nunggu Hasil

LANGSASATU.COM [ ACEH TAMIANG –  Dari enam warga Aceh Tamiang berstatus Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang di rujuk  ke RSUZA Banda Aceh dan RSU Cut Mutia, Lhokseumawe, diperoleh hasil uji swab yang dikeluarkan laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh, satu PDP positif terpapar Covid-19,  empat  PDP negatif dan satu oarang lagi belum keluar hasil swabnya.

Juru Bicara Pemerintah, Agusliayana Devita, kepada Acehsatu.com, Kamis (30/4/2020) mangatakan, berdasarkan data yang disampaikan Direktur RSUD Aceh Tamiang dr.T Dedy Syah didampingi dr.Andika Putra, SpPD selaku Koordinator Lapangan Penanganan Covid-19 RSUD Aceh Tamiang dan Tim Informasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang dr. Hardekky.

Pihaknya telah diberitahukan hasil uji swab enam PDP warga Tamiang yang telah dirujuk untuk dilakukan uji Swab Tenggorokan di Banda Aceh dan Lhokseumawe. “Lima PDP berjenis kelamin laki – laki dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh dan satu PDP berjenis kelamin perempuan di RS Cut Meutia Lhokseumawe,” ujar Devi panggilan karab Kabag Humas.

Dari hasil uji swab laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh, lanjut Devi, diketahui satu PDP positif terpapar covid-19 dan empat PDP negatif, covid-19, sementara satu PDP lagi belum keluar hasil swabnya.

Rincian hasil uji swab lima PDP tersebut, satu PDP inisial AJ berjenis laki-laki, positif Covid-19 warga Kampung Alur Cucur, Kecamatan Rantau dengan riwayat perjalanan dari Magetan Jawa Timur  dirujuk di RSUDZA Banda Aceh.

Sedangkan tiga PDP inisila MR warga Kampung Pantai Cempa Kecamatan Bandar Pusaka, berikutnya MF warga Kampung Alur Tani II, Kecamatan Tamiang Hulu, kemudian AH  domisili Muka Sei Kuruk Kecamatan Seruway, ketiag jenis laki-laki ini memiliki riwayat perjalanan dari Magetan, Jawa Timur  dan  NH kelamin perempuan warga Kecamatan Bandar Pusaka dirujuk di RS Cut Meutia Lhokseumawe dengan riwayat perjalanan dari Medan.

“Terkait PDP ini, pihak RSUD dan Dinas Kesehatan Aceh Tamiang akan melakukan koordinasi lebih lanjut untuk kepulangan empat PDP dengan hasil negatif dan perawatan lanjutan untuk satu PDP positif Covid-19, dimana kondisi kesemua PDP secara umum sehat,” ujarnya.

Pemkab Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan tak henti-hentinya meminta kepada ODP, PDP dan anggota keluarga juga kepada masyarakat yang telah memiliki riwayat perjalanan dari daerah transmisi untuk melakukan isolasi diri secara mandiri dirumah, serta menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita