by

Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia di Kota Langsa Digelar Secara Sederhana

-Langsa-115 views

Imbas Covid-19, Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia di Kota Langsa Digelar Secara Sederhana

Laporan : Harja

LANGSASATU.COM | LANGSA – Kondisi Pandemi Covid-19 yang masih mendera sejumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, tidak terkecuali Kota Langsa berdampak terhadap pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8/2020)

Meskipun dalam suasana dan kondisi yang terbatas, tetapi tidak mengurangi makna dan hakikat dari pelaksanaan upacara yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus.

Halaman Pendopo

Tidak seperti biasanya pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI digelar di Lapangan Merdeka Kota Langsa. Berbeda pada tahun ini, imbas dari Pandemi Covid -19, kegiatan Upacara berlangsung di Halaman Pendopo Wali Kota Langsa.

Walaupun hanya 100 orang peserta upacara dari TNI dan Polri, namun upacara berlangsung khidmat, sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Walikota Langsa Tgk.Usman Abdullah, sementara Komandan Upacara Lettu Inf Supriyanto, Danramil 22 Langsa Barat.

Peserta Upacara Terbatas

Peringatan HUT Kemerdekaan RI untuk tahun ini berbeda pelaksanaannya dengan tahun sebelumnya.Ini sesuai surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-492/M. Sesneg/ TU.00.04/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 tentang pedoman peringatan HUT RI Ke-75 tahun 2020.

Dimana untuk peserta upacara dibatasi hanya 100 (Seratus) orang saja dan penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun.

Demikian pula halnya Paskibraka tahun ini ditiadakan, yang ada hanya personil penggerek bendera sebanyak 3 (Tiga) orang.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Mengingat Protokol Kesehatan, maka para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), OKP, LSM, Ormas dan Pelajar tidak diundang.

Secara Virtual

Usai gelar upacara Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) juga mengikuti peringatan upacara HUT Kemerdekaan dan detik-detik Proklamasi yang dilaksanakan di Istana Merdeka secara Virtual di pendopo Wali Kota.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita