by

UPTD Metrologi Tera Ulang SPBU di Kota Langsa

-Langsa-35 views

UPTD Metrologi Tera Ulang SPBU di Kota Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM,LANGSA-
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindag dan UKM) Kota Langsa, Selasa (29/3/22) melakukan Tera ulang, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Langsa

Kepala UPTD Metrologi Kota Langsa, Teuku Faizal Syah mengatakan, kegiatan Tera ulang dilakukan seluruh SPBU yang ada dalam wilayah Kota Langsa.

Tera ulang dilaksanakan untuk mengetahui kebenaran ukuran terhadap alat ukur pada pompa ukur BBM.

Selain itu juga bertujuan, untuk melindungi konsumen agar mengetahui hasil kebenaran ukuran alat ukur itu, sehingga konsumen tidak dirugikan.

Tera ulang diawali pada SPBU terletak di jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya Gampong Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Ia menyebutkan pengujian Tera ulang dilakukan terhadap pompa ukur BBM pada tiap Nozzle, kemudian menakar ulang dengan melakukan bejana, guna memastikan, apakah takaran sudah sesuai dengan ambang batas yang telah ditentukan.

“Setiap pompa ukur yang sudah di Tera dan dinyatakan memenuhi Standard takaran, selanjutnya diberi Segel berupa tanda Tera dan Stiker, berlaku selama satu tahun”, terangnya.

Dari hasil Tera ulang yang dilakukan pihaknya pada SPBU Timbang Langsa, tidak ada ditemukan kecurangan dan dinyatakan sudah sesuai takaran.

Masyarakat juga diminta tidak perlu ragu saat mengisi Bahan Bakar kendaraannya di SPBU yang telah menjalani Tera ulang, pungkasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita