by

Wali Kota Langsa, Tgk.Usman Abdullah : Luar Biasa, Daya Rusak Penyalahgunaan Narkoba

-Langsa-152 views

Wali Kota Langsa, Tgk.Usman Abdullah : Luar Biasa, Daya Rusak Penyalahgunaan Narkoba

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah menegaskan, penyalahgunaan narkotika terbukti sangat luar biasa merusak generasi muda selaku penerus pembangunan daerah dan bangsa.

“Daya rusaknya luar biasa, karenanya kejahatan penyalahgunaan narkoba dapat digolongkan dalam golongan kejahatan serius dan luar biasa, terlebih lagi, kejahatan narkoba bersifat lintas negara dan terorganisasi, sehingga menjadi ancaman nyata dan membutuhkan penanganan serius” kata Wali Kota yang akrab disapa Tokee Seum ini menyampaikan sambutannya saat membuka kegiatan Implementasi Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kota Langsa, di Aula Vitra Convention Hall Kota Langsa, Senin (24/05/2021).

Menurut orang nomor satu di Kota Langsa itu, Narkoba bukan hanya merusak kharakter manusia, namun jauh dari pada itu juga merusak jiwa, fisik kesehatan dalam jangka panjang.

Ia menambahkan, kondisi ini tidak boleh terjadi, apalagi terhadap mayarakat, keluarga maupun anak anak kita sebagai generasi penerus estafet pembangunan daerah dan negara.

“Kemungkaran ini, harus kita lawan bersama, karena ini menyangkut masa depan anak dan cucu kita” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Tokee Seum juga mengingatkan, “perang” melawan narkoba semata bukan tugas Badan Narkotika Nasional (BNN), namun merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

Diterangkannya, Pemerintah Kota Langsa telah melahirkan dua peraturan, pertama Peraturan Walikota Langsa nomor 24 tahun 2018 tentang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dalam wilayah Kota Langsa dan yang kedua, Qanun Kota Langsa nomor 2 tahun 2019 tentang fasilitas pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

Implementasi dari peraturan tersebut sambung Wali Kota Langsa dan telah dilaksanaan yaitu Membuat sebuah regulasi berupa himbauan, selebaran, maupun Qanun Tentang Fasilitasi Pencegahan, Pemberantasan, Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Membentuk penggiat anti narkoba di gampong.

Melakukan tes urine bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Langsa. Melakukan kegiatan P4GN, berupa penyampaian informasi melalui berbagai media baik dakwah, spanduk, pelatihan, sosialisasi dan sebagainya serta Mengalokasikan dana untuk kegiatan P4GN.

Selain itu, menindaklanjuti Instruksi Gubernur Aceh Nomor 04/INSTR/2021 tentang upaya fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Serta Pembentukan Gampong Bersih Narkoba ( Bersinar) di Provinsi Aceh, Pemerintah Kota Langsa saat ini, terus melakukan koordinasi dengan membentuk tim terpadu P4GN, pungkasnya

Untuk diketahui di Kota Langsa, ada 4 (Empat) Gampong Bersih Narkotika (BERSINAR) yaitu, Gampong Paya Bujok Beuramoe, Kecamatan Langsa Barat (2016), Gampong Meurandeh Aceh, Kecamatan Langsa Lama (2019), Gampong Sungai Pauh Pusaka, Kecamatan Langsa Barat (2019), dan Gampong Pondok Keumuning, Kecamatan Langsa Lama, Pemko Langsa (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita