by

Warga Hempang Penebang Kayu Bakau Ilegal di Langsa

-Langsa-120 views

Warga Hempang Penebang Kayu Bakau Ilegal di Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Sejumlah warga Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat, Pemko Langsa menghempang para pelaku penebangan kayu bakau ilegal, yang selama ini diduga sering beroperasi di wilayah Gampong setempat.

Menggunakan beberapa unit bot berukuran kecil, warga melakukan patroli dan menyisir di sejumlah alur, mencegah aksi penebang kayu bakau ilegal.

Keuchik Gampong Simpang Lhee, Ismail dihubungi media ini melalui selular, Kamis (21/4/22) mengatakan, tindakan itu dilakukan wujud dari keresahan warga terhadap ulah para penebang kayu bakau ilegal yang terjadi di wilayah Gampong mereka.

Menurutnya, warga khawatir jika aksi penebang bakau itu terus dibiarkan berlangsung tanpa ada upaya pencegahan, akan berdampak terjadinya abrasi serta rusaknya ekosistem  biota laut yang juga merupakan sumber mata pencaharian sebagian warga nelayan Gampong Simpang Lhee.

“Tindakan ini dilakukan, murni inisiatif dari warga itu sendiri, yang sudah jenuh dan resah oleh ulah para penebang bakau ilegal” kata Keuchik Ismail seraya menambahkan, sebelumnya pihak pemerintah Gampong sudah berulang kali melakukan penangkapan para pelaku penebang liar, pohon bakau di wilayah Gampong Simpang Lhee tapi tidak ada efek jera, sehingga puncaknya warga sendiri yang turun langsung melakukan penangkapan.

Keuchik juga mengungkapkan, pelaku penebang kayu bakau ilegal itu bukan warganya, tetapi warga dari luar gampong.

Selain itu, aksi ini dilakukan oleh warga, dampak dari tidak adanya sikap dan ketegasan instansi terkait terhadap penanganan aksi penebang  pohon bakau liar itu.

Keuchik Gampong Simpang Lhee berharap terutama kepada Instansi terkait, untuk segera melakukan penertiban aksi penebang kayu bakau ilegal tersebut, pungkasnya (*)

Fhoto : ilustrasi pohon bakau

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita