by

Warga Tangkap Penebang Hutan Bakau Ilegal di Langsa

-Langsa-126 views

Warga Tangkap Penebang Hutan Bakau Ilegal di Langsa

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Warga Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat,Pemko Langsa menangkap pelaku penebang hutan bakau diduga ilegal di wilayah Gampong setempat.

Hal itu dilakukan, dikarenakan warga sudah resah dan gerah terhadap aksi penjarahan kayu bahan baku arang itu, dan dapat merusak ekosistem khususnya hutan bakau di kawasan Gampong merupakan wilayah pesisir tersebut.

Keuchik Gampong Simpang Lhee, Ismail, mengatakan, patroli pengamanan hutan bakau dilakukan di kawasan Gampong Simpang Lhee oleh warga juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait

“Warga mendapati seorang penebang liar ” ungkap Keuchik Ismail pada LANGSASATU.COM, Sabtu (23/4/22) melalui pesan singkat what’s Appnya.

Pelaku atas nama inisial NA (30) warga Gampong Birem Rayeuk, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur.

Selain mengamankan pelaku, warga juga menyita satu unit boat berukuran kecil, satu kampak dan 50 batang bakau yang telah ditebang. Selanjutnya, pelaku oleh warga diserahkan ke Mapolsek setempat beserta barang bukti yang diamankan.

Dikatakan, selama kurang lebih enam tahun warga menjaga area hutan bakau disini (wilayah Gampong Simpang Lhee) untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Tetapi niat mulia warga itu dinodai oleh segelintir oknum masyarakat, demi keuntungan pribadi merusak hutan bakau yang merupakan bagian dari hutan bakau.

Dikesempatan itu, mewakili warga dirinya menghimbau kepada masyarakat luar agar tidak melakukan penebangan bakau di wilayah Gampong Simpang Lhee.

Diungkapkan, warga berkomitmen bersama menjaga kelestarian hutan bakau terutama dalam kawasan Gampong Simpang Lhee.

“Razia ini akan rutin kami lakukan demi menjaga hutan bakau untuk kelestarian lingkungan khususnya Gampong Simpang Lhee dan umumnya Kota Langsa,” pungkas Keuchik Ismail.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita