by

Webinar Daring Kominfo dan Anggota DPR-RI Asal Aceh, Ilham Pangestu Berlangsung Sukses

-Nasional-38 views

Webinar Daring Kominfo dan Anggota DPR-RI Asal Aceh, Ilham Pangestu Berlangsung Sukses

Laporan : Jamil Gade

LANGSASATU.COM, LANGSA- Webinar daring anggota Komisi I DPR-RI dan Kominfo RI, berlangsung lancar dan sukses.

Mengusung thema “Pemanfaatan Internet Sebagai Media Penyebaran Informasi Dalam Upaya Melindungi Diri Dari Bencana Pandemi Covid-19”. Webinar berlangsung, Selasa (22/9/2020) dimulai pukul 14.00 Wib itu menghadiri pemateri antara lain Anggota Komisi I yang juga Anggota DPR-RI asal Aceh, Ilham Pangestu dan Staf Ahli Kementerian Kominfo RI, Prof. Hendri Subiakto.

Webinar daring tersebut diikuti oleh ratusan peserta berasal dari 8 (Delapan) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh terdiri dari mahasiswa,Ormas,LSM,Insan Pers, Tokoh Agama,Guru Pengajian, Dosen serta pemuda Gampong.

Peserta juga antusias mengikuti jalannya acara yang menggunakan aplikasi telekomferensi zoom tertutup dan live youtube chanel bhakti itu dari awal hingga akhir pelaksanaan kegiatan.

Anggota Komisi I DPR-RI, Ilham Pangestu dikesempatan itu menyampaikan materi menyangkut tantangan dan hambatan penanggulangan Covid-19 di Aceh serta peran media sosial. Kondisi pengguna internet di Indonesia sebagai kunci keberhasilan social distancing.

Selain itu, politisi muda partai Golkar itu juga berbicara terkait peran internet dalam pencegahan Covid-19 di era kebiasaan baru (new normal) serta waspada hoax Covid-19.

Menurut Ilham, internet memiliki fungsi strategis sebagai media menyampaikan dan memperoleh informasi tentang Covid-19.

Selain itu sambung politisi muda partai Golkar tersebut, pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, masyarakat dapat menggunakan internet dan menjalankan berbagai aktifitas seperti belajar, berbelanja, transaksi perbankan. Serta internet juga dapat menjadi peluang bisnis khususnya didunia digital, e-commerence atau bisnis online.

Dalam kesempatan itu anggota DPR-RI Dapil Aceh 2 itu juga mengakui, Covid-19 menyentuh dan berdampak diberbagai sektor, seperti industri, perdagangan, pendidikan, pariwisata serta sektor lainnya.

“Kondisi ini sudah tentunya menjadi keprihatinan kita bersama, dan sekarang saatnya rasa kemanusiaan kita di uji, hanya dengan persatuan dan kebersamaan kita bisa lawan Covid-19,” kata Ilham Pangestu.

Ia menambahkan, ditengah kondisi wabah pandemi ini, Komisi I DPR-RI yang juga membidangi Komunikasi dan Informasi.

Meminta dan mendorong Kementerian Kominfo untuk meningkatkan, menyediakan layanan internet dan komunikasi selama pandemi.

Hal ini penting dilakukan menurut Ilham Pangestu untuk memudahkan masyarakat menjalani kegiatan sehari-hari yang sa’at ini sangat bergantung pada koneksi internet dan kekuatan sinyal.

Lanjutnya, DPR RI terus bekerja dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap kinerja pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan penanganan Pandemi Covid-19, tutup Ilham Pangestu.

Sementara itu Staf Ahli Kementerian Kominfo RI Prof. Henri Subiakto dalam paparannya mengatakan, Pemerintah Indonesia sangat serius dalam menangani Pandemi Covid-19. Beberapa langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah diantaranya dengan membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Satuan tugas ini tambah Prof.Hendri terdiri dari beberapa kementrian dan lembaga negara seperti TNI dan Polri serta melibatkan Pemerintah Daerah, Provinsi dan Kota/Kabupaten.

Hendri Subianto yang juga Guru Besar Universita Airlangga itu juga menyampaikan tentang berbagai kebijakan dan peranan yang sudah dilaksanakan oleh MenKominfo dalam penanganan Covid-19.

Webinar daring ditutup dengan kesempatan tanya jawab antara peserta pada pemateri.

Sementara itu terpisah, pantia pelaksana webinar daring Kominfo dan Komisi I DPR-RI, Halid,ST mengatakan, ungkapan rasa syukur kepada Allah SW, kegiatan berlangsung sesuai harapan bersama

Selain itu, apresiasi pihaknya terhadap animo yang luar biasa dari peserta webinar daring.

“Kegiatan webinar ini diikuti lebih kurang sebanyak 190 peserta dari 8 (Delapan) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih terutama kepada peserta webinar, pemateri, Komisi I DPR-RI dan KemKominfo RI.

“Semoga melalui webinar ini, kita dapat memetik berbagai pengetahuan positif dan menjadi pedoman kita terutama menghadapi serta mencegah penyebaran Covid-19” tutup Halid,ST.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita