by

Wow, Pisang Terbesar Didunia Ditemukan di Papua

-Nasional-79 views

LANGSASATU.COM : Indonesia terkenal dengan kesuburan tanahnya. Namun tahukah kamu buah dan batang pisang raksasa berada di pedalaman Papua persisnya di Arfak, Papua Barat.

Ironisnya, keberadaan pohon dan buah pisang raksasa itu tidak banyak diketahui, bahkan warga setempat.

Tumbuhan ini memiliki tinggi batang mencapai 25 meter dan memiliki diameter batang sekitar 2 meter.

Diameter pohon pisang raksasa l tersebut setara dengan keliling pelukan dua orang dewasa yang melingkar.

Daun pisang memiliki panjang sekitar 5 meter dengan kelebaran kurang lebih hingga 1,60 meter. Jika diperuntukkan, satu lembar daun pisang raksasa itu bisa untuk membungkus ratusan nasi lemak.

Menurut informasi dari masyarakat Papua khususnya yang berdiam di Kabupaten Fakfak, mereka dapat melihat pohon pisang super tersebut dari pinggir jalan karena begitu tingginya pohon tersebut menjulang ke atas.

Pohon pisang raksasa ini, warga setempat menyebutnya dengan ungkapan Weyya.

Pisang raksasa atau giant banana Papua memiliki nama lain yaitu Pisang Musa Ingens, pertama kali ditemukan di daratan tinggi Papua oleh Jeff Daniells pada tahun 1989.

Tumbuhan pisang raksasa ini hidup di dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 1000 sampai dengan 2000 meter diatas permukaan laut.

Pohon pisang musa ingens ini sekali berbuah dalam satu pohon bisa berbobot mencapai 30-60 kg dengan tinggi pohon dapat mencapai ukuran 20 meter lebih. Dan besar buah pisang ini bisa mencapai besar ukuran bayi manusia.

Hingga kini pohon pisang tersebut menjadi pohon pisang terbesar di dunia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita