by

HAkA dan Media Acehsatu.com Gelar Pelatihan Jurnalis Warga

-Nanggroe-47 views

HAkA dan Media Acehsatu.com Gelar Pelatihan Jurnalis Warga

LANGSASATU.COM– Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) dan portal berita online ACEHSATU.com menggelar kegiatan pelatihan jurnalis warga bagi para kader lingkungan yang tersebar di sejumlah daerah pedalaman di Aceh.

Kegiatan yang diikuti 20 peserta dari berbagai daerah di Aceh ini berlangsung di Hotel Fajar, Bireuen, 12-13 September 2020.

Manajer Program Yayasan HakA, Crisna Akbar dalam sambutan pembukaan mengatakan, Yayasan HAkA sangat konsen dengan penguatan jaringan warga yang berada berdampingan di kawasan hutan terutama kawasan ekosistem leuser untuk pelaporan isu-isu lingkungan.

Dikatakan, masih banyak isu lingkungan di Aceh yang belum terpublikasi secara luas di masyarakat bahkan ada beberapa pemberitaan isu lingkungan yang hanya di himpun dari informan yang belum teruji sumbernya.

Crisna menambahkan, sebagai salah satu Lembaga yang konsen dalam perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), Yayasan HAkA akan terus mendukung pengembangan platform citizen jurnalism berbasis isu lingkungan.

“Banyak daerah dampingan kami yang membutuhkan dukungan dari platform ini, sehingga, masyarakat rentan di kawasan pedalaman bisa mandiri secara informasi,” katanya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi AcehSatuMedia Network, Yusmadi Yusuf mengatakan, pihaknya sudah mulai membangun platform citizen jurnalism berbasis isu lingkungan sejak 2 tahun lalu.

Sebagai media arus utama, Acehsatu.com masih belum maksimal dalam mengakamodir kepentingan isu lingkungan di Aceh.

“Kita butuh diversifikasi konten, sehingga slot isu lingkungan sedikit tenggelam dengan isu lainnya di Aceh,” kata aktivis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ini.

Melihat masalah itu, kata pria yangkerap disapa Abu Yuh ini, pihaknya kemudian meluncurkan platform media warga dalam bentuk mikrobloging sebagai layanan menampung konten terkait isu-isu lingkungan.

Saat ini, AcehSatuMedia Network sudah meluncurkan website mikroblogging ACEHNESIA.com sudah diluncurkan dan diharapan dapat menampung aspirasi warga pedalaman dan berbagai suara-suara dari beragam komunitas lain di Aceh.

Kegiatan yang berlangsung di Bireuen tersebut sudah mendapat izin rekomendasi dari Tim Gugus Covid-19 dengan mengedepankan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita